Pepunden, Penjaga Kota Bogor

  • by Indonesia News
  • April 12, 2017
  • 1
Makam Ratu Galuh, Beautiful Indonesia

Beautiful Indonesia – Mbah Jepra, menurut beberapa sumber di Kota Bogor, dipercaya sebagai pepunden atau penjaga Kota Bogor. “Dipercaya Kota Bogor ada yang menjaga. Ya,  Mbah Jepra itu,” ujarnya. Hal itu terbukti, dari keberadaan Bogor yang terbilang aman-aman saja. Adanya keyakinan inilah, kata  Abdurrahman, yang menyebabkan banyak orang berziarah ke makam Mbah Jepra.

Siapa sebenarnya Mbah Jepra, sampai saat ini masih simpang siur. Karena selain keterangan Abdurrahman di atas, ada juga pendapat lain.

Di kalangan pecinta habaib Kota Bogor, Mbah Jepra diyakini sebagai Sayyid Ja’far al-Idrus. Beliau adalah seorang habib yang berhasil menaklukkan komunitas jin yang menguasai Bogor saat pertama kali sang habib menginjakkan kaki ke tempat yang awalnya masih hutan itu. Sayyid Ja’far dikenal sebagai ahli ilmu Mahabbah yang dapat membuat seorang wanita yang memandangnya terpikat. Setelah berhasil menaklukkan para jin yang bersemayam di hutan peninggalan Pajajaran itu, Sayyid Ja’far tinggal menetap di di tempat itu hingga akhir hayatnya.

BACA JUGA : KEJADIAN ANEH DI KEBUN RAYA BOGOR

Makam Ratu Galuh, Beautiful Indonesia

Makam Ratu Galuh dan Ki Jepra

Sementara itu pendapat berbeda dilontarkan Hasnan Habib, seorang pemerhati sejarah Mataram Islam peninggalan Panembahan Senopati. Lelaki yang tinggal di Tapos, Kota Depok ini menuturkan bahwa Ki Jepra adalah keturunan Prabu Siliwangi. Pekerjaannya adalah pembuat perhiasan dan senjata. Dia tinggal di Bogor Lama yang berlokasi di sekitar Jalan Paledang sekarang. Paledang adalah sebutan untuk orang yang bekerja membuat perhiasan dan senjata. Ia adalah mantan pejuang Mataram yang pernah berjuang di Jepara pada 1618 saat markas VOC Belanda di Jepara dihancurkan oleh pasukan Patih Bahurekso, panglima perang Mataram saat itu. Ki Jepra bersahabat sekaligus bermisan dengan Ki Bagus Wanabaya, putra Ki Ageng Mangir dan Putri Pembayun, putri Panembahan Senopati yang setelah wafat diyakini dimakamkan di Kompleks Kramat Pebayunan, Tapos, Kota Depok, Jawa Barat. (Asep)

  • facebook
  • googleplus
  • twitter
  • linkedin
  • linkedin
Previous «
Next »

1 Comment Already

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *